Tuesday, January 21, 2014

PASKIBRA ALAZKA, DULU, SEKARANG, DAN NANTI


Selamat Malam,

Berhubung gue lagi libur kuliah (fyi gue lagi dirumah jkt) dan gue malem ini lagi gak tau mau ngapain, alhasil nge blog aja dehhh. Okaay, mau biacarain apa kita? hmm gimana kalo flashback jaman SMA, pas gue jadi Pasukan Pengibar Bendera Al-Azhar Kelapa Gading XV aka PASKAL XV.

Kalo di Alazka (Al-Azhar Kelapa Gading) sekolah gue waktu SMA dulu, anak baru (kelas X) diwajibin ikut latihan paskib. Tiap hari senin sepulang sekolah kita dikumpulkan satu angkatan di lapangan dan memulai untuk latihan paskib, sekitar jam tiga sore sampe jam 5 sore (eh kalo gue ga salah) yaa pokoknya sekitar jam segitu. Awal latihan tuh gue agak ngerasa takut deg degan gimana gitu, yaa maklumlah yg gue tau kan paskibra itu buat ngelatih fisik dan mental jadi gue udah bisa ngebayanin kalo latihannya bakalan keras banget.

DAAAAAAAN..

Ya sesuai dengan bayangan gue sih, latihannya cukup keras, menguras tenaga, dan bener2 melatih mental supaya bisa kuat menghadapi berbagai macem tekanan. Tapi disamping itu, latihan paskib secara rutin juga bisa meningkatkan kedisiplinan gue, karena latihan paskib juga melatih kedisiplinan.

Itu kesan pertama gue, dan terbukti benar, walopun begitu gue tetep menjalani latihan paskib dengan senang hati (preetdut-_-) dari minggu ke minggu, bulan ke bulan, sampe akhirnya banyak temen2 gue yang gak kuat dan gak ngelanjutin latihan setelah semester dua, namun gue tetep bertahan. Sekitar 25-28 teman2 gue akhirnya terpilih menjadi PASKAL XV.



Eh iya sebelum dilantik jadi paskal kita tuh ngelewatin tahap-tahap yang panjaaaaaang. Selain latihan rutin ada juga kegiatan diluar lingkungan sekolah, salah satunya adalah ikut Tea Walk, seperti namanya kita berjalan mengelilingi kebun teh bersama2 (lebih tepatnya berkelompok) dan terdapat pos-pos di dalam rute perjalanan kita. Kalo gak salah ada 10 pos yang tiap pos ada rantangan, atau pertanyaan tersendiri. Walau waktu itu rasanya lelah dan capek banget tapi seneng kok karena sangat2 mengakrabkan dan membuat kompak. Selain itu juga harus mengikuti MPG (Merah Putih Garuda) yang tujuannya buat mengambli pin MPG yang nantinya akan dikenakan di PDU (Pakaian Dinas Upacara). Setelah semua proses kita lalui akhirnya kita dilantik dan bisa resmi menjadi anggota PASKAL XV. Horaaaaaayy *tepuk tangan meriah* Mau tau rasanya? Rasanya itu luaaaarrrrr biasa.

Selama gue jadi paskal, banyak banget pengalaman baik menyenangkan maupun menyedihkan yang
gue alamin. Part menyenangkan ialah bisa ikut dalam barisan pengibaran yang buat gue itu suatu kebanggaan banget, walopun cuma tingkat sekolah ya-_- Yang menyenangkan lainnya adalah PASKAL XV pernah ikut lomba (walopun belum juara ya), dan pernah juga diminta dari Kecamatan Kelapa Gading buat ngibar disitu, selain itu bisa kenal kakak kelas yang alumni PASKAL (Purna Paskal), dan gue juga pernah ikut acara PPI DKI yaitu ATRAKSI XIV.

Sedikit cerita, ATRAKSI adalah acara yang dibuat oleh PURNA PASKIBRAKA INDONESIA (PPI) DKI, yang disana kita latihan paskib, latihan mental serta fisik juga ada. Dididik supaya bisa mandiri, dan pembicara yang dateng juga menginspirasi banget. Nambah ilmu dan serunya lagi bisa nambah temen baru, bahkan sampe gue kuliah juga beberapa ada masih berhubungan sama gue (walopun cuma lewat sosmed atau di bbm).

Itu tadi part dimana menjadi PASKAL XV sangat menyenangkan, tapi ada juga yang menyedihkan. Selain waktu lo habis buat latihan, capek fisik  kadang jg capek mental, badan gosong, rambut lepek, dan lain sebagainya tapi itu semua terbayar kok saat lo bisa ikut andil dalam pengibaran bendera Merah Putih, wuiih rasanya gabisa di ungkapkan dengan kata-kata. Bangga? Iya lah. Seneng? Ya banget. Pokoknya kalo lo bisa jadi bagian dari PASKAL atau pasukan pengibar bendera di sekolah2 lo atau bahkan bisa sampai tingkat Nasional pasti rasanya..... hmmm rasain sendiri deh, gue gabisa mengungkapkannya.

Tapi, yang sedih juga adalah gue gagal menjadi PASKIBRAKA. Karena menurut gue pencapaian tertinggi seorang anggota pengibar bendera adalah bisa mengibarkan Sang Merah Putih di Istana Negara, yaa jadi PASKIBRAKA NASIONAL, itu harapan besar gue sebenernya. Tapi apalah daya, gue gak lolos di tahap2 pemilihannya.

Disamping itu semua, sampai detik ini gue sangat bangga looh bisa jadi bagian dari PASKAL XV, tak terlupakan, pokoknya selalu dan selamanya di hati *tjie banget?* Jadi buat lo yang pengen jadi anggota PASKIBRA gausah ragu-ragu, karena buaaaanyak banget manfaat, ilmu, pengalaman, teman, yang bisa lo dapetin. PERCAYA DEH!!!

Seian dulu deh, ini post juga udah panjang banget kayaknya, dan gue juga mau share foto waktu gue ngibar dulu (walopun gue hampir dibelakang barisnya) -___-"


 


No comments:

Post a Comment